Pilih Mana Mau Kulit Putih Atau Kulit Cerah?

Pada dasarnya setiap individu di ciptakan berbeda-beda. Salah satunya adalah perbedaan warna kulitnya. Ada yang Putih, kuning, merah, coklat sampai hitam. Warna kulit di tentukan oleh jumlah melanin didalam kulit. Melanin adalah pigmen yang dihasilkan atau di produksi oleh sel khusus yaitu melanosit.

Semakin gelap kulit seseorang maka semakin banyak pigmen melaninnya. Banyak faktor yang dapat meningkatkan jumlah melanosit dalam tubuh kamu diantaranya :

  1. Faktor genetik,faktor genetik atau faktor keturunan sangat berpengaruh terhadap warna kulit. Karena berhubungan dengan gen kedua orang tua.
  2. Faktor hormon , perubahan hormon dapat mempengaruhi berkurangnya kampusnya tubuh dalam memproduksi kolagen, endokrin, yang dpat berpengaruh pada keadaan kulit.
  3. Paparan sinar matahari, seseorang yang terkena sinar UV seperti sinar matahari akan meningkatkan jumlah melanin pada kulit sehingga membuat kulit semakin gelap. Karena pada dasarnya melanin bekerja untuk melindungi kulit dan mencegah kerusakan DNA pada manusia.
  4. Kondisi penyakit, beberapa penyakit dapat mempengaruhi jumlah melanin termasuk albinisme Atau bule dan Vitiligo ( hilangnya melanin secara progresif)

Saat ini banyak orang yang salah berpendapat bahwa orang cantik itu adalah orang yang memiliki kulit putih. Hal ini menyebabkan banyak orang yang mendambakan kulit putih. Sehingga banyak produk produk pemutih yang beredar dipasaran menjadi laris manis.

Produk-produk pemutih tersebut mengklaim dapat memutihkan kulit bahkan dengan waktu yang sangat singkat. Krim pemutih bekerja dengan cara mengurangi pigmen yang ada pada kulit. Krim ini biasa digunakan untuk menghilangkan flek dan noda bekas jerawat.
Bahan aktif pada krim atau gel pemutih biasanya adalah

  • Mercuri. Mercuri merupakan cairan logam yang biasa ditemukan dialam. Cara kerja dengan mengikis lapisan epidermis ( kulit paling luar ) sehingga kulit terlihat menjadi lebih mulus dalam waktu instan. Akan tetapi efek buruk Mercuri dapat merusak kandungan protein dan melanin pada kulit.
  • Hydroquinone , berfungsi mengurangi sel melanin pada kulit
  • Steroid , efek dari steroid adalah terhadap penipisan kulit.
  • Kojic Acid, terbuat dari metabolit jamur dan cara kerja nya adalah mengganggu pengambilan oksigen melanosit pada proses pencoklatan.

Yang perlu diwaspadai dalam penggunaan produk diatas adalah bahaya karena terpapar kulit dari Mercuri. Pemakaian Mercuri dalam jangka panjang dapat menyebabkan penuaan dini, kerusakan pada sistem syaraf, kerusakan ginjal dan sistem pencernaan hingga kangker kulit.

Demikian lah pembahansan Pilih Mana Mau Kulit Putih Atau Kulit Cerah? Setelah mengerti resiko yang akan ditanggung dan menjadi lebih bijaksana jika kita mengetahuinya kandungan dari krim krim yang kita gunakan dalam mencerahkan kulit kita. Yang terpenting adalah bukan putihnya tapi tetap menjaga kulit BERSIH, SEHAT dan CERAH.

Nb : sumber video SkAwD health

Mutiara Nevitasari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *